Mletiko!

Icon

Percikan pikiran seorang ekonom.

Apa Arti Pertumbuhan Ekonomi 5,01 persen?

Aris Ananta

Mletiko, 6 November 2014

BPS baru baru ini mengumumkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan ke-3 tahun 2014 sebesar 5,01 persen. Artinya, dibanding dengan triwulan ke-3 tahun 2013, pendapatan nasional yang diukur dengan GDP naik dengan 5,01 persen.

Bloomsberg mengatakan bahwa angka ini lebih rendah dari 5,10 persen yang merupakan hasil survey yang dilakukan oleh Bloomsberg terhadap 26 ekonom.

Benarkah lebih rendah? Taksiran 26 ekonom itu memakai interval berapa? Taksiran BPS memakai interval berapa? Perbedaan dengan angka BPS sebesar 0,09 percentage point. Kalau angka 0,09 kita bandingkan dengan 5,10, perbedaannya adalah 1,8 persen. Dalam bahasa statistik, kita selalu bertanya, ini significant? Ini benar benar berbeda? Semua tergantung tingkat kesalahan 26 ekonom yang disurvey tersebut dan tingkat kesalahan yang dilakukan oleh BPS.

Lagipula, jawaban para ekonom itu merupakan harapan mereka, atau antisipasi mereka? Katakanlah perbedaan antara 5,01 dan 5,10 itu significant secara statistik. Lalu, siapa yang “salah”? Ini bukan pertanyaan yang mudah dijawab.

Ini bukan “cuma” angka, karena dapat mempunyai arti besar. Kita perlu lebih banyak statistikawan ekonomi, yang mau masuk lebih dalam ke arti statistik ekonomi dan perubahannya. (*)

Filed under: Bahasa Indonesia, statistics, ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Our Books

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 90 other followers

%d bloggers like this: