Mletiko!

Icon

Percikan pikiran seorang ekonom.

SELAMAT UNTUK BANGSA INDONESIA

Aris Ananta

Mletiko, 10 Juli 2014

Selamat saya ucapkan untuk kita semua bangsa Indonesia, yang telah menyelesaikan proses kampanye dan pelaksanaa Pemilu Presiden dengan baik dan aman kemarin, tanggal 9 Juli 2014. Kita semua perlu bangga dengan pelaksanaan pemilu yang aman dan damai ini. Kontribusi kita semua lah yang telah menyebabkan terjadinya pemilu yang aman dan damai ini. Banyak ketegangan di sana sini, namun semuanya berjalan dengan aman. Ini suatu prestasi besar. Prestasi dalam proses pematangan demokrasi. Tidak banyak negara yang dapat melaksanakan hal ini.

Semoga kita semua bangsa Indonesia dapat meneruskan prestasi kita, menciptakan kedamaian dan keamanan.

Saya juga ingin secara khusus mengucapkan selamat pada Presiden SBY dan aparatnya yang telah berhasil menciptakan suasana aman dan damai dalam pemilu ini. Saya yakin Presiden SBY akan terus berusaha menciptakan keamanan di Indonesia hingga detik detik terakhir ia menjadi Presiden Indonesia. Keberhasilan ini akan membuat Pak SBY dikenal sebagai presiden yang telah berhasil melaksanakan pemilu dengan aman dan damai dalam dua kali masa pemerintahannya.

Ucapan selamat juga saya tujukan pada Pak Jokowi dan Pak JK yang telah menang dalam pemilu sesuai dengan hasil quick count yang disenggarakan oleh lembaga survey yang dapat dipercaya. Ini memang bukan hasil resmi dari KPU. Namun, pengalaman memperlihatkan bahwa hasil quick count oleh beberapa lembaga yang dapat dipercaya ini amat mirip dengan hasil resmi dari KPU. Ucapan selamat juga untuk mereka yang telah memberikan dukungan yang luar biasa pada Pak Jokowi dan Pak JK.

Walau begitu, Pak Jokowi, Pak JK, dan para pendukung mereka perlu untuk menahan diri dalam mengekspresikan kegembiraan mereka. Kalau berada bersama teman yang mendukung Pak Prabowo dan Pak Hatta, anda perlu menahan diri dalam meluapkan kegembiraan mereka. Ini yang disebut dengan “tepo seliro” oleh Pak Prabowo dalam pidatonya tadi malam (Rabu malam).

Untuk Pak Prabowo, Pak Hatta, dan para pendukung mereka. Tak perlu berkecil-hati. Aspirasi anda semua untuk membuat Indonesia yang makin aman, damai, berkeadilan, bebas korupsi, ramah lingkungan, dan sejahtera tetap amat diperlukan. Saya yakin Pak Jokowi dan Pak JK akan mengajak kita semua, untuk bersama sama membangun Indonesia yang ramah lingkungan, yang berorientasi pada manusia (people centred), dan berkeadilan.

Mari kita lupakan semua perbedaan di antara kita. Hubungan yang sempat retak di antara teman dan keluarga semoga cepat pulih kembali. Semoga kecurigaan antar golongan agama dan suku bangsa dapat cepat menghilang. Bukankah kedua kubu juga didukung oleh berbagai kelompok agama dan suku bangsa?

Mari kita terus ciptakan suasana aman dan damai, khususnya dalam menyikapi hasil quick count dan keputusan dari KPU. Mari kita ujudkan Indonesia yang demokratis, yang menjadi salah satu visi penting baik dari Pak Jokowi-JK mau pun Pak Prabowo-Hatta. (*)

Filed under: Bahasa Indonesia, , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Our Books

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 89 other followers

%d bloggers like this: