Mletiko!

Icon

Percikan pikiran seorang ekonom.

Orang Indonesia Harus Punya Anak Berapa?

Aris Ananta

Mletiko, 22 Juni 2014

Saya amat sedih bahwa di jaman sekarang orang masih bicara peledakan penduduk sebagai salah satu isu pembangunan di Indonesia. Apalagi yang bicara adalah salah seorang capres, Prabowo Subianto.

Sesungguhnya, peledakan penduduk adalah isu pembangunan di tahun 60-an, 70-an, dan 80-an, mungkin 90-an. Sekarang sudah bukan merupakan isu pembangunan.

Bukankah jumlah penduduk yang besar justru menjadi pasar yang besar dan menyumbang pada kekuatan ekonomi yang didengung dengungkan oleh Pak Prabowo?

Lagipula, kalau orang Indonesia terus disuruh menurunkan jumlah kelahiran, mereka akan disuruh mempunyai satu anak saja? Sekarang saja, paling paling 3 anak. Kalau orang Indonesia terus diarahkan untuk menurunkan jumlah anak, suatu ketika kita akan bingung karena jumlah penduduk kita menurun.

Angka kelahiran orang Jawa, Madura, dan Bali sudah dibawah replacement level. Artinya, kalau pun tidak menurun lagi, 30 tahun lagi jumlah penduduk orang Jawa, Madura, dan Bali akan menurun. Kalau mereka disuruh menurunkan angka kelahiran mereka lagi, jumlah mereka akan turun dengan lebih cepat. Ini bisa menimpulkan konflik politik.

Apakah kita akan meniru RRC, dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan sekarang kebingungan karena angka kelahiran yang terlalu kecil?

Semoga, kalau jadi presiden, Pak Prabowo tidak menjadikan penurunan angka kelahiran sebagai salah satu target pembangunan. Ajarkan masyarakat untuk melakukan perencanaan keluarga yang rasional, dan sediakan kontrasepsi yang murah, aman, dan efektif. Soal mau pakai atau tidak, kalau sudah tahu cara membuat perencanaan rasional, adalah hak tiap individu. (*)

Filed under: Bahasa Indonesia, Demography, economy, Uncategorized, , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Our Books

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 90 other followers

%d bloggers like this: