Mletiko!

Icon

Percikan pikiran seorang ekonom.

Gaya Hidup Hijau: Peluang Bisnis yang Menggiurkan

Aris  Ananta

Mletiko, 29 Juli 2011

Seorang pebisnis, kawan saya, pada suatu hari memberitahu saya bahwa ada tiga macam pemasaran.  Yang pertama adalah bagaimana mendapat untung dari suatu captive market. Kalau seorang dosen menulis buku teks ekonomi dan para mahasiswanya tahu bahwa sebagian besar soal ujian keluar dari buku itu, maka dosen itu akan mendapat untung besar karena para mahasiswanya pasti membeli buku dia. Mahasiswa tersebut merupakan captive market.  Teman saya tersebut lalu menambahkan “Mencari  untung seperti ini sih mudah sekali. Tidak memerlukan seorang ahli pemasaran”. Saya setuju sekali dan menambahkan. “Rasanya juga nggak enak ya, dapat untung dengan cara seperti itu.”

            Pemaasaran macam kedua, begitu kata kawan saya, adalah ketika kita tahu adanya kebutuhan yang besar di masyarakat akan suatu barang, tetapi barang tersebut belum ada. Solusinya, kita menciptakan barang itu, sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat.  Contohnya, masyarakat membutuhkan alat komunikasi yang mudah dan murah. Di tengah kelemahan sistem telepon tradisional di Indonesia, bisnis telpon seluler menjadi sangat menguntungkan. Mengerti kebutuhan masyarakat bukanlah hal mudah. Ini lah menariknya pemasaran macam kedua ini. Maka, kita membutuhkan ahli pemasaran.

            Pemasaran macam ketiga lebih sulit lagi. Tetapi, justru ini lah yang  menjanjikan keuntungan yang lebih besar.  Keinginginan/ kebutuhan dari masyarakat belum ada. Kalau pun sudah ada, kebutuhan itu belum banyak sehingga belum banyak pebisnis masuk ke bidang itu. Lebih sulit lagi, barangnya juga belum ada.  Nah, kata teman saya, ini lah tantangan terbesar untuk para pemasar dan pebisnis, “Bisakah kita menciptakan barang yang orang belum membutuhkan?”

            Saya agak terkejut dengan cerita teman itu. Saya katakan, pemasaran semacam itu dapat berbahaya.  Para pebisnis dan pemasaran dapat menciptakan budaya yang “salah” demi keuntungan mereka. Misalnya, reklame rokok sering menciptakan kesan bahwa merokok itu hebat.  Padahal, merokok berbahaya untuk kesehatan para perokok itun sendiri dan orang orang, yang tidak merokok, di sekitarnya.

            Teman saya buru buru menyanggah dan mengatakan  pentingnya “integritas” para pemasar dan pebisnis. Ia mengatakan bahwa pebisnis dan pemasar jangan sekedar mencari keuntungan. Tetapi, ciptakan dan pasarkan barang yang baik untuk konsumen dan menguntungkan untuk bisnis. Menjadi pebisnis yang baik, kata teman saya, tak berarti sekedar mencari keuntungan tanpa memperhatikan kepentingan masyarakat.

            Nah, dalam konteks pemasaran macam ke-tiga ini lah, saya melihat kelebihan buku Pemanasan Global. Solusi dan Peluang Bisnis. Buku ini memperlihatkan adanya peluang bisnis dari pemanasan global. Dalam buku ini, para penulis mengajak para pebisnis menciptakan dan menjual gaya hidup hijau. Para penulis berpendapat bahwa gaya hidup hijau merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah pemanasan global. Demi kepentingan seluruh manusia (sekaligus sebagai konsumen dan calon konsumen), pebisnis dapat menyadarkan masyarakat mengenai kebutuhan gaya hidup hijau ini. Kemudian, pada saat yang bersamaan, pebisnis dapat menawarkan barang yang mereka produksi untuk menunjang gaya hidup hijau. Gaya hidup hijau dapat dijadikan ikon baru, yang digandrungi oleh semua lapisan masyarakat.

            Para  penulis memberikan beberapa contoh bisnis yang mendukung gaya hidup hijau. Misalnya: budaya naik sepeda, budi-daya hidro-ponik, dan budaya hemat energi.  Satu hal yang menarik adalah tawaran para penulis untuk memproduksi makanan vegan yang organik! Mungkin perlu ditambahkan: makanan vegan yang organik dan enak serta murah!

            Siapa tertarik pada bisnis ini?  Selamat membaca buku ini. Buku ini diterbitkan oleh  Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2011. Ditulis oleh  Team  SOS yang terdiri dari  Sutradharma J. Sudarman, Pater Ananta, William Suryadi, Ong Po Tat, dan Tresno  Gunawan.

Filed under: Bahasa Indonesia, economy, , , , ,

One Response

  1. buku yang praktis untuk pengetahuan tentang pemanasan global, penyebab dan akibatnya baik secara uraian ilmiah ataupun kenyataan hidup sehari-hari. Bagusnya buku ini juga dilengkapi dengan peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber usaha bagi siapa saja dan berbagai kalangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Our Books

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 90 other followers

%d bloggers like this: